HBB Beri Nilai A Plus kepada Kapolda Sumut Dalam Pemberatasan Begal

topmetro.news – Ormas HBB (Horas Bangso Batak) menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agung SI Effendi SH SIK MSi karena telah merespon dengan sangat baik aksi Aliansi Masyarakat Sumut.

Di mana pada aksi damai pada tanggal 25 Juli 2023 di Mapolda Sumut itu, aliansi menyatakan dukungan kepada Polda Sumut dan jajaran untuk memberantas geng motor, begal, dan tindak kriminal lainnya.

Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH menyampaikan apresiasi itu saat menyampaikan sambutan dalam rapat evaluasi ormas tersebut. “Mengucapkan terima kasih karena begal sudah jauh berkurang usai unjuk rasa kemarin,” kata Lamsiang, Jumat (25/8/2023), di Kantor DPC HBB Medan Jalan Bajak 2 Medan.

Hanya saja, lanjutnya, masih ada yang tidak senang dengan aksi tersebut. “Di tengah banyaknya ucapan syukur dan terima kasih dari masyarakat atas berkurangnya aksi begal, malah ada oknum yang menebar fitnah. Dan sebagai insan taat hukum, maka oknum tadi sudah kita laporkan,” sebut Lamsiang.

Dan kembali HBB mengapresiasi kepolisian khususnya Polrestabes Medan, karena langsung menindaklanjuti laporan tadi. Yakni, dengan memanggil pihak terkait termasuk terlapor BS, untuk keperluan penyelidikan.

“Maka ke depan agar kebersamaan dalam Horas Bangso Batak harus semakin terjaga. Satu kena cubit, maka sama-sama merasakan,” kata Lamsiang.

Soal pemberantasan begal ini, para perwakilan HBB dari kecamatan di Medan atau luar daerah, juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumut dan jajaran.

Misalnya dari DPK Medan Denai, Ketua Ransus Bakaran Batu Edy Simanjuntak menyampaikan rasa syukur karena pasca-aksi di Mapolda Sumut, kejadian begal sangat jauh berkurang.

Kapoldasu A Plus

Usai pertemuan, kepada media, Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH mengaku, bahwa pada awalnya ragu dengan keseriusan Kapolda Sumut soal begal.

Bahkan saat pertemuan usai aksi damai Aliansi Masyarakat Sumut pada tanggal 25 Juli 2023 lalu, Kapoldasu dengan jujur mengatakan, tidak ada program khusus.

“Tapi nyatanya begal hilang. Artinya Kapolda Sumut tidak mau hanya bahas prgram, tapi aksi. Jadi kami beri nilai A Plus kepada Kapolda Sumut. Selanjutnya, selain mengapresiasi, kami tetap minta keseriusan Kapolda Sumut seterusnya, untuk tetap komit menjaga keamanan di Sumatera Utara.” tutup Lamsiang.

Hadir juga pada pertemuan itu, Iwan Sipayung (DPK Lubuk Pakam), DP Gultom (Ketua DPK Medan Amplas), Ketua Generasi Muda HBB Hendro Hutahaean ST, dan lainnya. Hadir pula Maniur Sinaga SH MH, yang juga dosen dan pengacara dari Bekasi Jawa Barat.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment